Minggu, 01 November 2015

Berbagai Jenis Jaringan


Berbagai Jenis Jaringan
  Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua,yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network). Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adaah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio, dengan jaringan nirkabel kita dapat mengakses informasi dimana saja tempatnya.

  Dilihat dari area yang dicangkupnya,secara umum jaringan komputer dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu :
1.Local Area Network(LAN)
  LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputeryang terdapat didalam gedung atau perkantoran tersebut.

2.Metropolitan Area Network(MAN)
  MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.

3.Wide Area Network(WAN)
   WAN adalah jaringan komputer yang mencangkup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN digunakan oeh perusahaan besar yang daerah oprasiny mencangkup beberapa negara yang terletak diberbagai belahan dunia.

4.Internet
   Internet merupakan jaringan terbesar yang mencangkup seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar